Ini Dia Jadwal Lengkap Dieng Culture Festival 2018








Pegunungan Tinggi Dieng terkenal dengan eksotisme alamnya yang memukau. Terletak di jantung pulau Jawa, bentang alam khas Dieng yang berada di atas 2000 mdpl memang identic dengan suhu udara yang dingin. Bahkan, belakangan mulai muncul fenomena mbun upas di kawasan ini. Namun, di balik bekunya Dieng, kawasan ini menyimpan kekayaan budaya yang sayang untuk dilewatkan. Salah satunya terangkum dalam perhelatan tahunan Dieng Culture Festival (DCF).

Ini Dia Jadwal Lengkap Dieng Culture Festival 2018


Dieng Culture Festival (DCF) rutin diadakan sejak tahun 2010 dan selalu menyedot antusiasme para wisatawan, baik domestik maupun mancanegara. Ribuan orang dipastikan akan memenuhi lokasi dilangsungkannya acara. Pada tahun ini, Dieng Culture Festival (DCF) akan diadakan pada tanggal 3-5 Agustus 2018.

Jadwal Lengkap Dieng Culture Festival 2018


DCF 2018 akan diadakan di desa Wisata Dieng Kulon, Banjarnegara, Jawa Tengah. DCF memang selalu diadakan di atas ketinggian 2000 mdpl. Ada baiknya untuk mempersiapkan baju yang hangat agar tidak menggigil kedinginan saat menyaksikan DCF tahun ini. Nah, untuk kamu yang berencana menyaksikan perhelatan akbar ini, berikut adalah jadwal lengkap Dieng Culture Festival 2018.

Acara akan dimulai pada 3 Agustus 2018 pukul 08.00. DCF dibuka dengan Aksi Dieng Bersih, penukaran tiket, Festival Caping dan Bunga, serta Pameran Produk Kreatif UKM dan Kuliner. Pukul 13.00 akan dihelat ragam pertunjukan seni tradisional sekaligus Kongkow Budaya. Untukmu yang menyukai pertunjukan musik juga bisa menikmati Jazz Atas Awan yang dimulai pada pukul 09.00. Saksikan juga Festival Kembang Api yang dimulai pukul 23.00.


Pada hari kedua yakni Sabtu, 4 Agustus 2018, DCF akan diawali dengan Festival Tumpeng pada pukul 08.00 dilanjutkan ragam pertunjukan seni tradisional. Pada siang harinya, sekitar pukul 13.00 akan digelar Kirab Budaya. Sabtu malam, kamu juga bisa menikmati pertunjukan Sendra Tari Rambut Gembel yang dimulai pada pukul 19.00 dilanjutkan Senandung Negeri Atas Awan pada pukul 20.00.

Kunjungan ke Dieng Culture Festival (DCF) belum lengkap tanpa Festival Lampion yang biasa diadakan pada hari kedua. Pada tahun ini, Festival Lampion akan dihelat pada tanggal 4 Agustus 2018 pukul 23.00. Ratusan lampion akan menghiasi langit-langit Dieng dan siap membuatmu terpukau.


Eits, jangan beranjak dulu. Karena masih ada hari ketiga pelaksanaan Dieng Culture Festival (DCF), yakni pada tanggal 5 Agustus 2018. Pada hari ketiga, kamu bisa menyaksikan wajah Dieng yang sesungguhnya melalui serangkaian ritual penduduk asli Dieng yang berambut gembel atau gimbal. Acara dimulai pukul 08.00 dengan ritual Jamasan Rambut Gembel. Setelah itu, pukul 09.00 acara prosesi ruwatan Rambut Gembel akan dihelat.

Satu informasi yang harus kamu kantongi sebelum mendatangi perhelatan akbar ini adalah sejarah kemunculan rambut gembel khas Dieng. Saat kamu mengunjungi Dieng, pemandangan anak-anak berambut gimbal adalah sesuatu yang pertama kamu dapati. Percaya tidak percaya, fenomena ini berkaitan dengan kisah Kyai Kolodete dan Ratu Laut Selatan. Rambut gimbal yang dimiliki oleh anak-anak Dieng dipercaya sebagai titipan dari kedua sosok tersebut. Sehingga, seringkali dimaknai sebagai pembawa berkah oleh para penduduk Dieng.


Versi yang lebih ilmiah menyebutkan bahwa rambut gimbal yang dimiliki oleh anak-anak tersebut adalah efek dari terhirupnya gas belerang, mengingat Dieng merupakan kawasan manifestasi panas bumi. Diperkirakan, wanita-wanita Dieng yang tengah mengandung pada saat itu menghirup gas belerang, sehingga berdampak pada kondisi fisik anaknya. Terlepas dari itu semua, masyarakat Dieng menyambutnya sebagai bagian dari tradisi dan kebudayaan mereka selama ini.

Dieng Culture Festival (DCF) akan ditutup dengan ragam pertunjukan seni budaya. Pertunjukan ini tentu tidak akan kamu lewatkan, terutama bagi kamu yang tengah merencanakan liburan pada awal Agustus.

Sumber: Via.com